best off

Cari Blog Ini

mission java

GRUNGE

BUDI MY BLIOG
Buat kalian yang merasa kita sudah terlalu lama dijajah musik-musik impor, mungkin ada baiknya kita sedikit menengok band-band rock underground lokal kita yang total potensial sebenarnya, namun masih amat kurang publikasi dan juga dukungan dari kalian semua.

Untuk mereka yang mampu mengapresiasi genre PUNK ROCK, HARDCORE, GRINDCORE, DEATH METAL, INDUSTRIAL, GOTHIC, dan musik ekstrem underground lainnya. Rekomendasi penuh untuk surf ke http://www.BISIK.COM (klik "Musik Underground") !

Nggak lama lagi kita juga bakal menyajikan program chatting bareng band-band underground lokal seperti, PUPPEN, GRAUSIG, BALCONY, KOIL, STEPFORWARD, BETRAYER, TENGKORAK, dsb.

Kamu doyan baca artikel-artikel "nyeleneh" ? Ehm, coba kamu baca kanal di sana. Not for close-minded person !

Mo tahu juga agenda konser atau jadwal acara konser underground ? atau mo masukin acara musik yang kamu/temen kamu gelar ? Cek aja ke sana juga !

Pengen tahu juga band-band underground kita dengan bermacam jenis musik yang mereka bawakan ? Liat di kanal "Profil".

Masih banyak yang lainnya lagi tentang underground scene di http:// Panteng sendiri deh !

berpetualang bareng budi yuk

grendel flashdisk

Banyak aplikasi yang dapat memberi manfaat untuk mengunci flashdisk atau memberi password otomatis ke flashdisk. Tetapi beda lagi dengan postingan kali ini . sebelumnya cara ini saya dapatkan dari seorang programmer yang hebat http://inside-and.blogspot.com


"Cara ini sangat mudah dan bermanfaat apalagi seperti saya bermain di warnet sebelah rumah yang pakai flashdisk harus di comokin dulu di komputer sever. jadi bahaya dong bisa dibuka dari client lainnya"


Cara ini akan otomatis meminta password ketika flashdisk dimasukan ke PC dan jika password salah, maka komputer akan shutdown secara otomatis.


Langsung saja .


1. Buka Notepad


( Caranya : Start>>All Programs>>Accessories>>Notepad atau masuk di RUN lalu ketik notepaddan Enter) lalu copy paste script kode dibawah ini ke notepad


TULIS PASSWORD DISINI ganti sesuai keinginan anda, itu adalah sebagai tempat password anda. Pemakaian huruf kapital sangat berpengaruh. saya sarankan memakai angka yang sudah diingat di luar kepala.



lalu save as dengan nama dengan "passwordlock.vbs" tanpa tanda kutip, sebelum di save as pastikan pilih all files.


2. setelah selesai diatas.



lalu buka Notepad lagi, untuk pengaturan otomatis setelah flashdisk dimasukan di PC.



copy paste script kode dibawah ini ke notepad.



anda dapat merubah kata "FLASHDISK TELAH DILENGKAPI CODE" sesuai kata-kata mutiara keinginan anda sendiri.


setelah itu lakukan penyimpanan seperti file yang pertama, tetapi pada bagian File name tulislah "autorun.inf" tanpa tanda kutip, sebelum di save as pastikan pilih all files. 


Kemudian pindahkan kedua file yang telah anda buat tadi (autorun.inf dan passwordlock.vbs) ke dalam flashdisk anda.


langkah terakhir silahkan anda hidden autorun.inf dan passwordlock.vbs yang telah dibuat tadi.


Cara hidden : klik kanan pada masing- masing autorun.inf dan passwordlock.vbs lalu pilih properties centang kotak yang ada di tanda hidden. selesai . . . .



@info


- kompitabel dengan win XP n vista







- dimohon jangan sampai lupa password sendiri







Add new comment







135 reads

http://budizepgrunge.wordpress.com





Senin, 07 Juni 2010

Perangkat Lunak Komputer

12. Perangkat Lunak Komputer
12.1. Jenis-jenis Software
• System Software:
o Operating System (OS) : Windows, MacOS, Linux, BSD, Darwin
o Programming Languages : asembly, pascal, C, C++, .. perl, php, java
o System Utility : scandisk, fdisk, ..
• Application Software
o Custom-made Software / Custom Software / Tailor-made Software
o Commercial Software / Package Software :
 wordprocessor,
 desktop publishing,
 spareadsheet,
 database management system,
 graphics software, dsb
Situs directory (pengelompokan, klasifikasi) software:
• dmoz.org : datanya diambil oleh Google, Yahoo!, search engine atau directory lainnya. http://www.dmoz.org/Computers/Software/
• freshmeat.org
• osdn.org
• tucows.com
• cdrom.com
• hotscripts.com

12.2. Bahasa Pemrograman
Tahap penyusunan software:
• Flowchart, algoritma : konsep rencana pemecahan masalah
• Coding : menuliskan algoritma dalam bahasa program tertentu
• Compiling: kompilator menterjemahkan bahasa tingkat tinggi ke dalam bahasa mesin yang dimengerti komputer
• Interpreter: menggunakan virtual machine yang dapat memahami bahasa tingkat tinggi
• Running : menjalankan program
• Debugging: memperbaiki kesalahan program
Urutan tersebut tidak baku. Dalam pelaksanaan beberapa tahap digabung, dipertukarkan, atau ditiadakan.
Peserta diharapkan mengerti bagaimana komputer berpikir (secara terstruktur).
12.2.1. Logika Pemrograman
Program Control Structures:
• Sequential : urut. Setiap langkah dikerjakan satu per satu secara terurut dari langkah awal hingga langkah terakhir.
• Branch, selection, decision : pencabangan.
• Loop, iteration, repetition : pengulangan
Dokumentasi program :
• flowchart
• pseudocode, algoritma
• Dokumentasi: cara menulis, mengarsipkan, membuat catatan, keterangan, menyampaikan.
Dokumentasi BUKAN berarti merekam sesuatu kemudian disimpan untuk dikenang.
• Trend baru: dokumentasi disertakan dalam file program (source code). Contoh pada perl script, java dan javascript
Contoh Program Flowchart
Flowchart: program sederhana

Flowchart program yang menggunakan branch

Flowchart program yang menggunakan loop


Contoh pseudocode untuk program yang sama dengan flowchart di atas.
Masukkan nilai jmlBrg dan hrgSat
harga = jmlBrg x hrgSat
Cetak nilai harga Masukkan nilai jmlBrg dan hrgSat
IF jmlBrg > 100 THEN
harga = 90% x jmlBrg x hrgSat
ELSE
harga = jmlBrg x hrgSat
END IF
Cetak nilai harga Masukkan nilai jmlBrg dan hrgSat
REPEAT WHILE jmlBrg < 10 Cetak pesan "Tidak boleh kurang dari 10" Masukkan nilai jmlBrg dan hrgSat END REPEAT 12.2.2. Bahasa Pemrograman Procedure-oriented Contoh program yang dibuat dengan bahasa pemrograman procedure-oriented (mis: QBASIC) CLS INPUT "Masukkan jumlah barang yang dibeli:", jmlBrg INPUT "Masukkan harga satuan:", hrgSat harga = jmlBrg * hrgSat PRINT "Harga yang dibayar:", harga END CLS INPUT "Masukkan jumlah barang yang dibeli:", jmlBrg INPUT "Masukkan harga satuan:", hrgSat IF jmlBrg > 100 THEN
harga = 0.9 * jmlBrg * hrgSat
ELSE
harga = jmlBrg * hrgSat
END IF
CLS
INPUT "Masukkan jumlah barang yang dibeli:", jmlBrg
INPUT "Masukkan harga satuan:",hrgSat
WHILE jmlBrg < 10
PRINT "Tidak boleh kurang dari 10"
INPUT "Masukkan jumlah barang yang dibeli:", jmlBrg
INPUT "Masukkan harga satuan:",hrgSat
WEND
END

12.2.3. Bahasa Pemrograman Object-oriented
OOP mencakup 5 konsep dasar:
1. Class
2. Object
3. Properties / Attributes
4. Event
5. Method / Procedure / Operations
Objects memiliki sifat umum:
• encapsulation: sebuah object merupakan unit yang berdiri sendiri; object mencakup data dan instruksi yang terkait.
• inheritance : semua karakteristik sebuah class akan dimiliki oleh object yang dibuat berdasarkan class tersebut
• polymorphism: setiap object dapat memahami dan melaksanakan perintah-perintah yang diterimanya, sesuai dengan sifat object itu sendiri.
12.2.4. Kesalahan Pemrograman
• syntax error: kesalahan karena penulisan perintah tidak sesuai dengan aturan. (coding, compiling)
contoh: mau menuliskan PRINT tetapi terketik ORINT (salah ketik, salah ejaan).
• logical error : kesalahan karena logika pemrograman (algoritma) tidak benar
• numerical error:
o original data error : data yang dihitung memang salah
o truncation error : hitung ((100 / 3) * 3) = 99
o round off error : hitung ((100 / 3) * 3) = 99,9999
o propagated error :
12.3. Perangkat Lunak Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi umumnya dapat menangani data jenis:
• text: type face, type size (satuan point = 1/72"), type weight, type style, font
• numbers
• pictures
• sound
• video
12.4. Hak Cipta Perangkat Lunak
• Perangkat lunak gratis:
o freeware
o public domain
• Perangkat lunak dengan hak cipta
o copyrighted software
o shareware
• Masalah: software piracy
________________________________________
Tips menyusun algoritma atau flowchart
1. Baca masalahnya. - tentu saja - :)
2. Tentukan input, output, proses. Bayangkan penyelesaian masalah tersebut sebagai sebuah sistem. Proses secara global dapat dianggap sebagai sebuah 'black box'.
3. Flowchart untuk membantu melihat (visualisasi) diagram alur kejadian. Jika bingung dengan bentuk gambar node flowchart, abaikan dulu pemilihan bentuknya.
4. Tulis algoritma, berikan catatan dalam kalimat yang manusiawi jika perlu
Contoh:
Buat algoritma atau flowchart untuk menentukan apakah sebuah bilangan merupakan bilangan ganjil atau genap.
• Masalahnya sudah dibaca? Bisakah anda ulangi pertanyaan tersebut dengan kalimat sendiri tanpa harus melihat seluruh cerita?
• Tentukan:
o input: sebuah bilangan sembarang, asumsikan input dari sebuah alat input (misal: keyboard)
o output: pernyataan "bilangan ganjil", "bilangan genap"
• proses:
gimana sih caranya? Bilangan genap: habis dibagi dua. Jika dibagi dua, maka hasilnya adalah bilangan bulat utuh.
Fungsi apa saja yang sudah tersedia?

Simbol-simbol flowchart
Flow line Arah alur program
Terminator Awal, akhir program atau proses
Persiapan, inisialisasi Mengisi harga awal, kondisi-kondisi awal
Proses Proses perhitungan atau pengolahan
input, output input atau output data, parameter, informasi lain
predefined process sub program atau sub proses. proses yang didefinisikan di dalam flowchart lain
decision Pemilihan langkah
on page connector penghubung ke bagian lain flowchart di halaman yang sama
off page connector penghubung ke bagian lain flowchart yang ada di halaman lain
Soal Latihan
1. Buat algoritma untuk menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan prima (atau bukan).
2. Bual algoritma untuk menghitung perkalian hanya dengan operator penjumlahan.
3. Buat algoritma untuk mencetak N buah bilangan prima yang pertama.
4. Buat algoritma untuk menentukan jenis akar persamaan kuadrat!
5. Buat algoritma untuk menghitung jumlah N suku dari deret aritmatika : Sn = 3 + 7 + 11 + …… + (4n-1)
6. Buat algoritma untuk menghitung faktorial dari suatu bilangan.
7. Buat flowchart untuk mencetak pasangan nilai X dan Y dengan persamaan Y = X3 – 2X +1. Cobalah untuk nilai dari –10 sampai 10 !

Tidak ada komentar: